bridesmaid dan groomsmen

Ini Tugas Bridesmaid dan Groomsmen yang Harus Kamu Pahami

Tugas bridesmaid dan groomsmen sering kali menjadi tanda tanya bagi sebagian banyak orang. Peran bridesmaid ini tidak hanya terbatas pada mendampingi pengantin saat berfoto saja, melainkan juga sebagai pendamping selama seluruh rangkaian pernikahan.

Bridesmaid dan groomsmen bukan hanya bersifat pembantu di hari pernikahan, melainkan juga turut membantu dalam persiapan sebelum pernikahan. Biasanya, mereka terdiri dari orang-orang terdekat pengantin, seperti sahabat, saudara, kakak, atau adik.

Bridesmaid dan groomsmen bertindak sebagai pengiring pengantin, di mana bridesmaid mendampingi pengantin wanita, sementara groomsmen mendampingi pengantin pria. Jumlah mereka bisa bervariasi, seringkali antara lima hingga sepuluh orang.

Penting untuk memahami dengan baik tugas bridesmaid dan groomsmen, karena beberapa orang mungkin hanya melihat mereka sebagai pendamping di hari pernikahan, padahal peran mereka melibatkan lebih dari itu.

Dibawah ini merupakan penjelasan tentang tugas bridesmaid dan groomsmen yang harus kamu pahami : 

1. Membantu Persiapan Pernikahan

Tugas utama dari bridesmaid dan groomsmen ini adalah membantu dalam persiapan pernikahan. Mereka harus siap memberikan bantuan kapanpun mereka diperlukan oleh kedua mempelai, di mana pun itu. Bridesmaid dan groomsmen berperan sebagai sistem dukungan untuk kedua pengantin. Tugas-tugas ini melibatkan perencanaan acara pra-pernikahan, kehadiran pada berbagai acara seperti pesta pertunangan dan pesta bujangan, serta melibatkan diri dalam berbagai tugas pernikahan, seperti fitting baju, pembelian perlengkapan, pencarian make-up artist, distribusi undangan, dan tugas lainnya.

2. Menyiapkan Bridal Shower

Pesta pranikah atau bridal shower sering diselenggarakan beberapa hari sebelum pernikahan berlangsung. Meskipun tidak menjadi suatu keharusan, acara ini umumnya diadakan sebagai bentuk perayaan sebelum kedua mempelai memasuki kehidupan pernikahan. Tugas bridesmaid dan groomsmen melibatkan peran sebagai tuan rumah untuk acara ini, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian acara berjalan dengan menyenangkan. Lokasi pelaksanaan acara bisa berupa rumah, kafe, atau tempat lain sesuai keinginan.

3. Memastikan Kedua Mempelai Tidak Kelaparan

Pada hari pernikahan, kedua calon mempelai akan sibuk menyapa para tamu yang hadir. Terkadang mereka lupa memperhatikan asupan makanan mereka sendiri. Tugas bridesmaid dan groomsmen adalah memastikan asupan makanan agar mereka tidak kelaparan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terkait kesehatan yang justru akan mengacaukan acara pernikahan.

Biasanya, makanan dan minuman merupakan hal terakhir yang dipikirkan oleh pengantin. Pasalnya, mereka sibuk menyambut para tamu dan bersalaman. Maka dari itu, bridesmaid harus memastikan pengantin terjaga makan dan minumnya saat acara pernikahan berlangsung

Baca Juga : 15 Lagu Backsound yang Cocok untuk Undangan Pernikahan Digital.

4. Menjaga Barang Pengantin di Hari Pernikahan

Tugas berikutnya dari bridesmaid dan groomsmen adalah menjaga barang-barang milik pengantin. Salah satu contoh tugas ini mencakup pengawasan terhadap barang-barang pribadi pengantin, seperti ponsel, tas, dompet, dan yang lainnya. Tidak hanya untuk keamanan, tugas ini juga bertujuan untuk memudahkan pengantin ketika mereka membutuhkan akses ke barang-barang tersebut dalam berbagai situasi selama acara pernikahan. Pada hari yang ditentukan, calon pengantin biasanya memiliki banyak barang bawaan, dan tugas bridesmaid adalah merawat barang-barang penting seperti ponsel dan dompet pengantin.

5. Memberikan Dukungan Mental

Sebelum melangkah ke ikatan pernikahan, calon suami istri sering mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Keadaan ini menjadi suatu tantangan sebelum menikah yang dapat membuat mereka merasa bingung. Mungkin terjadi pertengkaran yang lebih sering di antara kedua calon pengantin, menambah beban stres selama persiapan pernikahan.

Tugas bridesmaid dan groomsmen adalah memberikan dukungan emosional dan ketenangan kepada pasangan tersebut. Mereka harus mendengarkan segala keluh kesah dan memberikan kenyamanan sebagai sahabat terdekat. Sebagai orang yang dipercayai, mereka juga perlu bersedia menerima keluhan dari calon pengantin dan memberikan solusi yang positif.

Rencanakan pernikahanmu dengan sempurna bersama Felfest UI! Dapatkan bantuan dari bridesmaid dan groomsmen yang handal untuk memastikan segala persiapan dan acara berjalan lancar. Dengan pengalaman dalam merencanakan pernikahan, Felfest UI siap menjadi mitra terpercaya untuk meraih momen tak terlupakan dalam hidupmu. Hubungi kami sekarang dan wujudkan pernikahan impianmu bersama Felfest UI!

Baca Juga : Daftar 10 Bunga yang Populer untuk Pernikahan dan Maknanya