fitting baju pengantin

Catat! Ini yang Harus Diperhatikan Saat Fitting Baju untuk Pernikahan

Pernikahan menjadi salah satu momen yang sangat penting dalam kehidupan. Sebelum melangkah ke pelaminan, calon pengantin, baik pria maupun juga wanita, umumnya akan melakukan sesi fitting untuk pakaian pernikahan mereka.

Penting untuk diingat juga bahwa fitting baju pernikahan ini bukanlah suatu hal yang dapat dianggap enteng. Meskipun pakaian tersebut hanya akan digunakan sekali sepanjang hidup, kenyamanan dan kecocokan ukuran tentunya sangatlah penting agar tidak mengganggu kelancaran pada saat acara pernikahan.

Sebelum Anda mengetahui beberapa tips penting untuk melakukan fitting baju pernikahan, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa itu fitting baju.

Apa Itu Fitting Baju?

Pernahkah Anda berbelanja pakaian di mal atau memesan baju dari penjahit? Sebelum Anda membuat keputusan pembelian pakaian, melakukan fitting adalah langkah yang wajib diambil. Apa itu fitting baju? Fitting baju merupakan tahap penyesuaian pakaian dengan bentuk tubuh Anda sebelum melanjutkan ke proses pembayaran atau tahap akhir penyelesaian baju jika Anda memesannya dari penjahit.

Melalui fitting baju, Anda memiliki kesempatan untuk mengganti pilihan pakaian jika melakukan fitting di toko pakaian siap pakai. Namun, apabila Anda melakukan fitting baju pada penjahit, Anda dapat menyesuaikan ukuran baju dengan ukuran tubuh Anda agar nantinya baju tersebut dapat nyaman dipakai saat acara. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan saat melakukan fitting baju.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan fitting baju pernikahan dalam waktu dekat, disarankan untuk memperhatikan sejumlah tips yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Tips Saat Fitting Baju Pernikahan

Berikut ini merupakan beberapa tips penting untuk Anda yang ingin melakukan fitting baju pernikahan, diantaranya adalah:

1. Jangan Terburu-buru dalam Memilih Baju

Dikarenakan keterbatasan waktu, banyak sekali orang yang akhirnya memutuskan untuk memilih baju pengantin secara tergesa-gesa. Padahal, kemungkinan besar ketika baju tersebut digunakan pada hari pernikahan, bisa terasa kurang sesuai dan pada akhirnya tidak memberikan kenyamanan.

Maka dari itu, sebaiknya hindari keputusan terburu-buru dalam memilih baju pengantin. Maka luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan dengan baik dan berdiskusi dengan keluarga untuk mendapatkan saran guna menemukan baju yang tidak hanya cocok namun juga indah.

2. Mencoba Baju di Berbagai Posisi Tubuh

Saat mencoba fitting baju pengantin, Anda disarankan untuk mencoba berbagai posisi tubuh. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba berjalan perlahan atau duduk di kursi. Dengan melakukannya hal tersebut, Anda dapat menilai sejauh mana kenyamanan baju yang akan Anda pakai.

3. Pilihlah Ukuran Baju yang Tidak Terlalu Pas

Setelah memutuskan bahan baju pengantin yang diinginkan, biasanya tubuh Anda akan diukur sebagai langkah selanjutnya. Untuk memberikan sedikit ruang gerak dan kenyamanan saat dipakai, disarankan agar ukuran baju tidak terlalu ketat dan memberikan sedikit kelonggaran sekitar 1-2 centimeter.

4. Minta Pendapat Orang-orang

Anda mungkin saja merasa kurang percaya diri pada saat mencoba baju pengantin karena merasa tidak sesuai atau terlihat aneh. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, tidak ada salahnya untuk mencari pendapat dari orang lain seperti sahabat, keluarga, atau saudara.

Selain itu juga, Anda dapat meminta saran dari penjahit atau pegawai toko. Mereka tentu telah memiliki banyak pengalaman dalam membantu pelanggan yang mencari saran terkait baju pengantin.

revisi point no.4 : 

4. Siapkan Referensi Baju Pernikahan

Sebelum memutuskan desain atau gaya gaun, lakukan penelitian terlebih dahulu. Telusuri majalah pernikahan, situs web pernikahan, dan platform media sosial untuk mendapatkan inspirasi. Buat koleksi gambar atau catatan tentang detail yang Anda sukai, seperti potongan, warna, atau hiasan.

Apakah pernikahan Anda memiliki tema tertentu? Anda harus mencari referensi baju pernikahan yang sejalan dengan tema pernikahan. Misalnya, gaun yang bersih dan klasik mungkin lebih cocok untuk pernikahan tradisional, sementara gaun yang berkilau dan modern dapat cocok untuk pernikahan kontemporer.

5. Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Tips terakhir untuk mencoba baju pernikahan adalah menyesuaikannya dengan bentuk tubuh Anda. Hal ini karena pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil akan terlihat tidak proporsional, terutama dalam momen penting pernikahan yang akan diabadikan dalam foto dan video. Oleh karena itu, penting untuk tampil sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Selain itu, tidak perlu khawatir jika perlu beberapa sesi fitting tambahan. Ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa baju pernikahan Anda benar-benar pas dan sempurna, sehingga tidak ada rasa penyesalan di masa mendatang.

Setelah memperhatikan tips dan trik saat melakukan fitting baju pernikahan sekarang saatnya menjadikan persiapan pernikahan Anda lebih menyenangkan dan terorganisir. Felfest UI hadir sebagai wedding consultant yang dapat membantu mewujudkan pernikahan impian Anda.

Dengan tim yang berpengalaman, Felfest UI tidak hanya akan membantu Anda dalam hal fitting baju, tetapi juga memberikan bimbingan menyeluruh untuk segala aspek pernikahan, menjadikannya pengalaman yang lebih lancar dan juga berkesan. Temukan keahlian dan layanan unggul Felfest UI untuk memastikan pernikahan Anda berjalan sempurna sesuai harapan.