ijab kabul dalam bahasa arab

Ini Bacaan Ijab Kabul dalam Bahasa Arab, Lengkap Dengan Bacaan Latin

Pernikahan adalah impian banyak orang, setiap pasangan pasti mendambakan pernikahannya berjalan dengan lancar. Dalam tradisi pernikahan islam, mempelai pria dan juga wali harus bisa melakukan ijab melakukan kabul. Ijab kabul adalah bacaan yang sakral dalam proses pernikahan. 

Bagi setiap orang yang melaksanakan ijab kabul, maka mereka harus memahami ucapan tersebut. Sebab, momen ijab kabul akan menandai dimulainya kehidupan rumah tangga untuk kedua mempelai. Berikut ini penjelasan mengenai bacaan ijab kabul. 

Syarat Sah Ijab Kabul

Walaupun dapat dilakukan dengan berbagai bahasa, terdapat 3 syarat yang harus dipenuhi oleh lafal ijab, yaitu diantaranya:

  • Adanya pengucapan “aku nikahkan” atau “kami nikahkan” sebagai ketetapan dan digunakan dengan bahasa lainnya.
  • Menyebutkan nama dari calon suami dan istri, sebutan ini bisa menggunakan kata ganti atau menyebutkan nama keduanya.
  • Syarat dalam melafalkan ijab selanjutnya yaitu menyebutkan mahar yang diberikan. 

Setelah ijab diikrarkan oleh wali nikah, maka selanjutnya akan disambut dengan kabul yang akan diucapkan oleh mempelai laki-laki. Lafal kabul tersebut cukup mengatakan “saya terima nikahnya”. Walaupun begitu, lebih baik dan lengkap jika ijab kabul diucapkan secara lengkap dengan menyebutkan nama sang mempelai perempuan beserta jumlah mahar pernikahanya. 

Bacaan Ijab Kabul Dalam Bahasa Arab

Secara bahasa, ijab diambil dari bahasa Arab yang artinya pengucapan atau tekad dari wali pengantin perempuan. Sementara kabul memiliki arti sesuatu yang diucapkan oleh pengantin laki-laki sebagai tanda penerimaan. Ucapan ijab kabul pada umumnya diawali dengan membaca bismillah dan istighfar, lalu dilanjutkan dengan proses ijab kabul. Berikut bacan ijab kabulnya:

Lafadz Ijab wali mempelai wanita 

أنكحتك أو زوجتك مخطوبتك بنتي … على المهر … حالا

“Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti (nama mempelai wanita) alal mahri (mas kawin/mahar) hallan.”

Artinya:

“Saya nikahkan engkau dan saya kawinkan engkau dengan pinanganmu, putriku (nama pengantin wanita) dengan mahar (mas kawin/mahar) dibayar tunai.

Bahasa yang digunakan dalam bacaan ijab kabul harus:

  1. Menjelaskan arti dan juga terjemahan bacaan ijab kabul yang syar’i
  2. Bisa dipahami semua pihak yang terlibat dalam ijab kabul yaitu mempelajari, wakilnya, dan  para saksi.

Lafadz kabul mempelai pria 

قَبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيْجَهَا عَلَى الْمَهْرِ الْمَذْكُوْرِ وَرَضِيْتُ بِهِ وَاللهُ وَلِيُّ التَّوْفِيْقِ

“Qobiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkuur wa radhitu bihi, wallahu waliyu taufiq.”

Artinya:

“Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan saya rela dengan hal tersebut. Semoga Allah selalu memberi anugerah.”

Bahasa yang digunakan dalam bacaan ijab kabul harus:

  1. Menjelaskan arti dan juga terjemahan bacaan ijab kabul yang syar’i
  2. Bisa dipahami semua pihak yang terlibat dalam ijab kabul yaitu mempelajari, wakilnya, dan  para saksi.

Tata Cara Ijab Kabul 

1. Mempelai pria dan wali nikah dipertemukan 

Langkah pertama untuk memulai proses ijab kabul yaitu, mempertemukan mempelai pria dan wali nikah yang kemudian dua orang tersebut saling berhadapan. Mempelai pria dan wali nikah didampingi oleh dua orang saksi yang berdiri untuk menyaksikan proses akad berlangsung. 

2. Khutbah nikah 

Setelah dipertemukan antara mempelai pria dan wali nikah, selanjutnya yaitu khutbah yang dibawakan oleh imam atau penghulu sebelum proses pembacaan ijab kabul dimulai.

3. Mempelai pria melafalkan bacaan 

Mempelai pria dianjurkan untuk membaca beberapa bacaan doa dengan dibimbing imam, seperti kalimat istighfar, dua kalimat syahadat, shalawat sebelum akhirnya membacakan ijab kabul.

4. Pembacaan Ijab Kabul

Pada tahap ini, pembacaan ijab kabul dimulai. Mempelai pria dan wali nikah harus saling berpegangan tangan kanan sebagai tanda berlangsungnya proses serah-terima atau akad. Pembacaan dimulai dengan wali nikah yang membacakan ijab sesuai dengan ketentuan yang ada, lalu dilanjut dengan pembacaan kabul atau tanda terima dari pria.

Bacaan ijab kabul hal yang wajib dilakukan saat melakukan pernikahan, maka dari itu untuk kamu yang akan melangsungkan pernikahan harus mempersiapkan semua yang wajib dilakukan sebelum acara berlangsung.

Felfest UI akan membantu kamu mempersiapkan pernikahan sampai hari-h acara dengan fasilitas serta pelayanan lengkap istimewa. Dengan layanan kami, kamu bisa fokus untuk momen bahagia, percayakan impian pernikahan kepada kami, dan kunjungi website Felfest UI untuk info lengkapnya!

Baca Juga :