makna cincin di setiap jari

Jangan Salah Pasang, Ini Makna Cincin di Setiap Jari!

Kira-kira kamu suka pakai cincin di jari apa nih? Ternyata cincin tidak hanya sekedar perhiasan untuk mempercantik penampilan saja lho, tetapi memiliki makna di dalamnya. Contohnya di jari manis yang paling sering dipakai untuk memasangkan cincin. Memakai cincin di jari manis kiri menandakan seseorang sudah bertunangan. Sementara untuk cincin di jari manis kanan adalah simbol dari status pernikahan.

Kamu pasti akan melihat seseorang yang mengenakan cincin terhadap jari yang beragam bahkan pada ibu jari sekalipun. Tujuannya digunakan untuk fashion, letak cincin menggambarkan makna yang berbeda. Yuk simak penjelasan berikut tentang makna pemakaian cincin di setiap jari!

Sejarah Cincin Pernikahan di Peradaban Kuno 

Sebagai bentuk dari lambang kebersamaan dan komitmen, cincin pernikahan tidak muncul begitu saja dalam sejarah. Akar dari filosofinya bisa ditelusuri kembali di zaman peradaban kuno, yang mana upacara pernikahan menjadi momen sakral yang dihormati dengan penuh kehormatan. Jejak awal dari cincin nikah bisa ditemukan pada peradaban Mesir Kuno dan ribuan tahun lalu. 

Pada masa itu, cincin terbuat dari bahan alami seperti tali rumput atau anyaman daun menjadi simbol ikatan tak terputuskan antara pasangan. Bentuk dari lingkaran cincin ini menggambarkan kesatuan awal dan juga akhir yang melambangkan kehidupan dan cinta yang tidak akan pudar. 

Makna Cincin di Setiap Jari

1. Cincin di Kelingking

Populer di kalangan remaja pada abad 19 hingga awal 20-an, jika pria memakai cincin di kelingking kiri pertanda dia sudah menikah. Namun, seiring dengan perkembangan makna tersebut sudah jarang dilakukan. Kini memakai cincin di kelingking kiri lebih sering dihubungkan dengan mafia, karena mitologi Yunani kelingking menyimbolkan intuisi, intelegensi, dan persuasi. 

2. Cincin di Ibu Jari 

Jarang sekali menemukan orang yang memakai cincin di ibu jari karena diameternya yang besar sehingga berdampak pada harga yang lebih mahal. Alasan mengapa menggunakan cincin di ibu jari melambangkan kelas sosial yang tahta tinggi, karena hanya orang tertentu yang bisa melakukannya. 

Maka dari itu, memakai cincin di ibu jari menyimbolkan seseorang tersebut berasal dari kalangan kaya raya. Dibalik arti kekayaan yang dimiliki terdapat kerja keras yang dilakukan, dalam mitologi Yunani Ibu Jari menjadi simbol ketekunan dan tekad yang sangat kuat. 

3. Cincin di Jari Telunjuk 

Pemakaian cincin di jari telunjuk menandakan kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Seseorang yang menggunakan cincin pada jari telunjuk yang menggambarkan sosok berkuasa namun mempunyai rasa setia kawan tinggi, hal ini mengapa seseorang menggunakan cincin di jari telunjuk sering dihubungkan dengan kaum bangswan. 

4. Cincin di Jari Tengah 

Penjelasan mitologi Yunani jari tengah dilmbangkan sebagai bentuk dari keseimbangan dan tanggung jawab. Orang yang memakai cincin di jari tengah menggambarkan sosok yang dianggap paling bijak dalam mengambil keputusan. Selain itu, dia juga dianggap sosok yang suka pamer dan ingin orang lain juga mengetahui kesuksesan yang sudah diraihnya. 

5. Cincin di Jari Manis 

Memakai cincin di jari manis, menjadi ciri khas banyak orang dan bukan hal baru jika memakainya di jari manis. Pemakaian cincin di jari manis ini adalah simbol dari rasa kasih sayang, cincin di jari manis juga adalah simbol dari sebuah pernikahan. Pada budaya Asia, cincin menandakan seseorang telah menikah biasanya dipakai di jari manis tangan kanan. Sedangkan dalam budaya Amerika atau budaya Barat, seseorang yang telah menikah menggunakan cincin di jari manis tangan kiri. Selain itu, biasanya orang-orang mempunyai kepribadian hangat dan penuh kasih sayang juga memakai cincin di jari manis sebelum menikah. 

Pernikahan menjadi momen yang tidak akan terlupakan seumur hidup, maka dari banyak orang yang menginginkan pernikahan dengan konsep yang mewah dan mengesankan. Cincin menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah pernikahan, maka kita juga harus tau lho makna dari pemakaian cincin agar mengerti makna di dalamnya.

Bersama Felfest UI, kamu bisa memastikan untuk setiap detail dari pernikahan mulai dari persiapan sampai hari H-nya, termasuk pemilihan cincin juga akan diurus dengan penuh perhatian. Dapatkan pengalaman pernikahan yang istimewa, dengan layanan lengkap dan terpercaya dari Felfest UI!

Baca Juga :