keutamaan menikah di bulan syawal

Mengikuti Sunnah Nabi, Berikut Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

Belakangan ini ramai menikah pada bulan Syawal, peningkatan ini dapat dilihat dari data KUA sesuai dengan wilayahnya masing-masing. Pasangan banyak yang mengajukan pernikahan di bulan baik setelah bulan suci Ramadhan ini, hal ini karena sesuai dengan ajaran sunnah Nabi yang nantinya akan mendatangkan hal baik. Pada sebuah hadis dikatakan bahwa bulan syawal merupakan bulan Nabi Muhammad SAW menikah dengan Aisyah. Jadi saat muslim menikah pada bulan ini, maka mereka akan mendapatkan pahala berkali lipat yaitu pahala menikah dan mengikuti sunnah Nabi SAW. 

‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan mulai mencampuriku juga di bulan Syawal, maka istri beliau manakah yang kiranya lebih mendapat perhatian besar di sisinya daripada aku? Salah seorang perawi berkata, Dan Aisyah merasa senang jika para wanita menikah di bulan Syawal. (HR Muslim dan at-Tirmidzi).

Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

Bulan yang Baik untuk Pernikahan 

Keutamaan di bulan Syawal salah satunya menjadi bulan yang baik dalam melangsungkan pernikahan. Di masa jahiliyah, Syawal dianggap sebagai bulan yang tidak baik dan pembawa sial sehingga penduduk Makkah dilarang menikah di bulan tersebut. Rasulullah SAW kemudian mematahkan mitos tersebut dengan menikahi putri Abu Bakar Siti Aisyah pada bulan Syawal. 

Putri beliau, Siti Fatimah juga menikah dengan Ali bin Abi thalib pada 29 Syawal. Hal ini ini membuat umat Islam diajarkan bahwa bulan Syawal justru menjadi bulan yang baik untuk bisa melangsungkan sunnah Rasulullah SAW tersebut. 

Bulan silaturahmi

Pada sumber yang sama, bulan syawal bisa dikatakan sebagai bulan silaturahmi yang mana umat muslim saling memaafkan satu sama lain. Hari raya jatuh pada 1 Syawal yang digunakan untuk mengunjungi kerabat, teman, dan orang sekitarnya. 

Hari raya Idul Fitri umat muslim terkadang saling bertemu dengan kerabat yang sudah lama tidak ditemuinya. Hal ini membuat bulan Syawal mempunyai keistimewaan sendiri untuk saling bersilaturahmi. 

Bulan pembuktian ketakwaan 

Keistimewaan lain di bulan Syawal, yaitu sebagai bulan pembuktian takwa. Walaupun Ramadhan telah usai, bulan ini menjadi tantangan untuk membuktikan keberhasilan ibadah yang dikerjakan saat bulan suci. Hal tersebut tentu akan menjadi pembuktian tingkat derajat ketakwaan dan keistiqomahan seseorang di hadapan Allah SWT.Terlebih lagi dengan menjalankan ibadah pernikahan di bulan yang penuh ketakwaan ini.

Menentukan waktu untuk menikah juga menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan, karena nantinya akan berdampak pada kehidupan selanjutnya setelah pernikahan. 

Bersama dengan Felfest UI, kamu bisa memastikan untuk setiap detail dari pernikahan mulai dari persiapan sampai hari h-nya, termasuk pemilihan cincin juga akan diurus dengan penuh perhatian. Dapatkan pengalaman pernikahan yang istimewa, dengan layanan lengkap dan terpercaya dari Felfest UI!

Baca Juga :