tanggal yang baik untuk menikah menurut islam

Daftar Tanggal yang Baik untuk Menikah Menurut Islam

Dalam ajaran islam, sebetulnya tidak ada hari atau bulan yang secara khusus dianggap lebih baik atau buruk untuk menikah. Menikah dalam Islam bisa dilakukan pada hari dan bulan apapun, asalkan pernikahan tersebut memenuhi rukun dan syarat sah menikah dan dijalankan dengan niat baik. 

Sebagian dari pemeluk agama Islam memilih untuk melangsungkan pernikahan di bulan tertentu yang dianggap menyimpan banyak peristiwa penting dalam sejarah agama Islam, sehingga harapannya mampu membawa keberkahan pula dalam perjanjian suci mereka di hadapan Allah SWT. Pernikahan merupakan sunnah Rasulullah SAW, seperti yang tercantum di dalam Al-Quran, hadits, dan pendapat ulama.

Memilih bulan yang baik untuk menikah menurut islam menjadi pertimbangan yang penting, lalu apa sajakah bulan yang baik untuk menikah menurut Islam?

Daftar Tanggal yang Baik untuk Menikah 

Bulan Syawal (10 April – 8 Mei 2024)

Bulan Syawal merupakan bulan berkah untuk melangsungkan pernikahan. Dirangkum dari buku Rahasia Rumah Tangga Rasulullah SAW oleh Yoli Hemdi dan Naura Safwa, Rasulullah SAW melangsungkan pernikahannya dengan Aisyah pada bulan Syawal. Hal tersebut untuk mematahkan tradisi Arab pra-Islam yang menganggap Syawal sebagai bulan sial untuk melangsungkan akad dan menikah. Keutamaan menikah di bulan Syawal:

  • Mengikuti sunnah Rasul, yang juga melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal
  • Menepis anggapan orang jahiliyah bahwa kesialan akan menghantui hidup bagi yang menikah di bulan Syawal.

Bulan Safar (6 Agustus – 4 September 2024)

Menurut keyakinan ulama Syafi’iyah, bulan Safar, yang merupakan bulan kedua dalam kalender Hijriah setelah Muharram, adalah waktu yang direkomendasikan untuk mengadakan pernikahan, bersama dengan bulan Syawal. Ini karena Nabi Muhammad SAW diketahui menikahkan putrinya, Sayyidah Fatimah, dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib pada bulan Safar, yang kemudian menjadi awal dari garis keturunan Nabi. Pernikahan ini juga menghasilkan empat anak yang shaleh, yaitu Hasan, Husein, Zainab, dan Ummu Kultsum. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga menikahi Sayyidah Khadijah Al-Kubra pada bulan Safar di kota Makkah, sebelum menerima wahyu dari Allah. Jika Anda ingin menikah, bulan Safar dianggap memiliki momentum yang istimewa sebagaimana yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.

Rabiul Awal (5 September – 3 Oktober 2024)

Berdasarkan buku “Meneladani Rasul dan Para Sahabat” karya A. Fatih Syuhud, bulan Rabiul Awal dianggap sebagai waktu yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Sebagaimana disebutkan, Rasulullah SAW menikahkan putrinya yang ketiga, Ummi Kultsum, pada bulan tersebut. Ummi Kultsum diketahui menikah dengan Utsman bin Affan pada tahun ke-3 hijrah, yang mana pernikahan mereka dianggap sebagai perintah langsung dari Allah SWT.

Bulan Muharram (7 Juli – 5 Agustus 2024)

Muharram, sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, dianggap sebagai ‘bulan Allah’ karena keagungannya. Momen ini sering dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk mendapatkan pahala yang besar, terutama karena bersamaan dengan waktu umat Muslim yang baru saja menyelesaikan ibadah haji di Tanah Suci. Menurut NU Online, Muharram dihormati karena beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam terjadi pada bulan ini. Allah SWT membantu Nabi Musa AS dan kaumnya melawan penindasan Fir’aun serta pasukannya pada bulan Muharram. Selain itu, Allah juga menyelamatkan Nabi Nuh AS dan pengikutnya dari bencana banjir. Keutamaan bulan Muharram mendorong umat Muslim untuk berlomba-lomba dalam melakukan amal saleh agar mendapatkan pahala berlipat-lipat, termasuk membaca Al-Qur’an, berdzikir, bersedekah, dan bahkan melangsungkan pernikahan.

Bulan Rajab

Menurut rangkuman dari buku “Doa dan Dzikir Sepanjang Tahun” karya Hamdan Hamedan, bulan Rajab dianggap sebagai kunci untuk mendapatkan berkah sepanjang tahun. Rasulullah SAW seringkali menghormati bulan Rajab. Bulan Rajab adalah saat orang tua Rasulullah SAW menikah, dan juga bulan di mana Sayyidah Aminah hamil dan mengandung Rasulullah SAW.

Sebenarnya penentuan tanggal untuk menikah bukan merupakan hal wajib hanya saja, untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi dianjurkan untuk melakukan persiapan yang matang. 

Maka dari itu, dengan memilih Felfest UI menjadi solusi yang tepat untuk pernikahan kamu, dengan Felfest UI siap membantu kamu menyiapkan pernikahan hingga hari besar acara dengan fasilitas dan pelayanan istimewa yang lengkap. Dengan dukungan layanan kami, kamu dapat sepenuhnya fokus pada momen bahagia kamu. Percayakan impian pernikahan kamu kepada kami, dan kunjungi situs media sosial Felfest UI untuk informasi lebih lanjut!

Baca Juga :