Kumpulan Doa Rumah Tangga Harmonis

Kumpulan Doa Dalam Islam Agar Rumah Tangga Harmonis

Membangun rumah tangga yang harmonis merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Rumah tangga harmonis tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman, melainkan juga menjadi sumber kebahagiaan dan kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Akan tetapi, untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan usaha, komitmen, dan doa yang baik dari suami maupun istri. 

Dalam ajaran agama Islam, terdapat kumpulan doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis, langgeng, dan dipenuhi keberkahan. Kami telah merangkum kumpulan doa yang bisa diamalkan pasangan suami istri. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Doa Agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki

Suami memiliki peran sebagai kepala rumah tangga, pelindung keluarga, serta mencari rezeki untuk anak dan istrinya. Memang rezeki telah diatur oleh Allah SWT, namun perlu diupayakan usaha dan doa terbaik.

Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan umatnya untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Berikut doa pasangan suami istri agar dimudahkan rezeki:

اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkan lah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama. (QS. Al-Mai’dah: 114)

2. Doa Mendapatkan Kebahagiaan

Memiliki keluarga Bahagia dunia dan akhirat tentu menjadi impian semua orang. Kunci mendapatkan keluarga Bahagia yaitu dengan berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa agar memiliki keluarga Bahagia dunia akhirat:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar

Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab api neraka.” – (Al-Baqarah: 201)

3. Doa Diberikan Anak yang Saleh

Setiap pasangan yang sudah bertahun-tahun menjalani kehidupan rumah tangga tentu ingin memiliki keturunan. Anak yang diharapkan juga tidak sekadar jadi generasi penerus saja, tapi juga memiliki kepribadian luhur dan menjadi anak yang saleh salehah. Berikut doa agar diberikan anak yang saleh:

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii’ud-du’aaa

Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. (QS. Ali Imran: 38)

4. Doa Dipermudah Segala Urusan

Pasangan suami istri selalu berharap dan berdoa agar segala urusan mereka selalu dipermudah. Surah Al-Kahfi ayat 10 bisa jadi pedoman untuk dipermudah segala urusannya:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada.

Artinya: Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami. (QS. Al-Kahfi: 10)

5. Doa Melembutkan Hati Pasangan

Harmonisnya kehidupan rumah tangga tidak terlepas dari kelembutan hati suami istri. Amalkan doa ini agar selalu langgeng dan harmonis:

 مَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ اِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى ۙ تَنْزِيْلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْاَرْضَ وَالسَّمٰوٰتِ الْعُلٰى ۗ اَلرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى

Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa.

Artinya: Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al Quran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Alquran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, diatas singgasana Dia bersemayam. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah. (QS. Taha: 2-5)

Bagi kamu yang akan menggelar acara pernikahan, perlu dipahami kumpulan doa ini agar memiliki rumah tangga yang harmonis dan langgeng seumur hidup. Sekarang nggak usah bingung lagi untuk mempersiapkan acara pernikahan, serahkan saja ke Felfest UI untuk menggelar acara pernikahan impianmu. 

Felfest UI menawarkan berbagai layanan pernikahan lengkap untuk memenuhi kebutuhan di acara pernikahanmu. Selain itu, Felfest UI juga memberikan penawaran Harga yang kompetitif dengan kualitas terbaik. Segera diskusikan pernikahan impianmu ke Felfest UI ya!