dosa besar istri terhadap suami

Apa Saja Dosa Besar Istri Terhadap Suami dalam Islam

Ajaran agama islam dijelaskan bahwa suami memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan istri. Maka dari itu, seorang istri yang shalihah harus bisa berbakti kepada suaminya dan bisa memenuhi semua kewajiban dengan ikhlas serta melakukan hal ini semata-mata karena Allah SWT. Namun, tidak banyak yang mempunyai bekal keilmuan ini saat membangun bahtera rumah tangga sehingga keadaan rumah tangga bisa terlibat masalah karena kesalahpahaman di dalamnya. 

Masalah rumah tangga yang disebabkan karena seorang istri melakukan perbuatan tercela kepada suaminya ataupun sebaliknya. Ada seseorang suami yang melakukan perbuatan tercela kepada istri, perbuatan semacam ini termasuk dosa yang dibenci oleh Allah maupun rasul. 

Adab Istri Kepada Suami

Kita juga perlu tahu adab seorang istri kepada suami menurut agama islam, saat memasuki bahtera rumah tangga, pasangan suami dan juga istri secara otomatis mempunyai kewajiban serta hak masing-masing yang sesuai dengan perannya dalam rumah tangga. Saat melaksanakan kewajiban masing-masing dan juga menuntut hak, seorang istri maupun suami harus tahu cara beradab, bersikap dalam rumah tangga. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai adab istri kepada suami. 

Tidak terlalu banyak mendebat

Saat hubungan rumah tangga ada masalah sebaiknya untuk selalu mengutamakan diskusi agar suami dan juga istri bisa mendapatkan solusi yang terbaik. Hindari menumbuhkan perdebatan karena hal ini hanya memperburuk konflik. Perbedaan antara diskusi dan juga debat, untuk debat bisa disampaikan dengan cara yang lebih keras serta diungkapkan guna bisa mempertahankan setiap argumen, sedangkan untuk diskusi merupakan proses yang memberikan dan juga menerima dalam berbagai informasi guna bisa menyelesaikan sebuah masalah. 

Tidak berkhianat dan selalu menjaga harta suami

Kewajiban dari seorang istri yaitu selalu memegang kepercayaan suami atas semua harta yang sudah diberikan. Contohnya yaitu dengan tidak sembarangan untuk membelanjakan harta suami atas barang-barang yang tidak dibutuhkan. Saat mengelola kekayaan suami, istri juga harus bisa mendapatkan berkah untuk kehidupan keluarganya. 

Menampakan qana’ah

Apa itu qana’ah? Qana’ah merupakan sikap seorang istri yang tidak menuntut lebih dari apa yang sudah diberikan suami. Adab istri pada suami harus diwujudkan dengan rasa syukur, walaupun begitu seorang istri juga harus mendorong suaminya untuk terus berikhtiar agar bisa mendapatkan rezeki yang halal. 

Dosa Besar Istri Terhadap Suami

Pada ajaran islam dijelaskan bahwa suami adalah surga atau neraka untuk seorang istri. Istri tidak akan mendapatkan ridho suami karena tidak taat atau melakukan dosa yang dikatakan sebagai perempuan durhaka dan juga kufur nikmat. Rasulullah pernah bersabda bahwa beliau melihat perempuan merupakan penghuni neraka yang paling banyak. Hal ini dikarenakan banyak perempuan yang durhaka kepada suaminya (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam hadits ini bisa disimpulkan bahwasanya seorang perempuan dapat masuk neraka atau surga tergantung dari bagaimana cara mereka bersikap kepada suaminya. Berikut penjelasan dosa istri terhadap suami. 

Istri Berselingkuh

Dosa besar seorang istri pada suami yaitu perselingkuhan, selingkuh ini dilakukan oleh seorang istri tentunya akan berdampak kepada suami. Perbuatan berselingkuh dari seorang istri merupakan sebuah pengkhianatan kepada suami yang saling berjanji untuk setiap di hadapan Allah SWT. Tidak hanya menyakiti hati suaminya saja, perbuatan selingkuh ini juga bisa membuat istri menjadi lalai akan tanggung jawabnya dalam berumah tangga. Contohnya seperti tidak melayani suami dengan sepenuh hati, mengabaikan pendidikan anak, malas mengurusi rumah tangga dan mencoreng kehormatan keluarga serta suami. Perselingkuhan dari seorang istri bisa meretakan hubungan rumah tangga bahkan memutus ikatan pernikahan suci serta kuat. 

Istri menolak ajakan suami untuk berhubungan

Istri yang menolak ajakan suami untuk berhubungan intim, walaupun sang istri tidak berhalangan atau kekurangan apapun merupakan perbuatan dosa yang dibenci oleh Allah. Dari Abu Hurairah menyatakan bahwa Rasulullah saw bersabda “Apabila ada seorang suami yang mengajak istri ke tempat tidur kemudian istrinya menolak, maka malaikat akan melaknat perempuan tersebut hingga datangnya pagi hari” (HR. Bukhari).

Berdusta kepada suami

Berdusta atau berbohong adalah perbuatan dosa seorang istri kepada suami yang akan dibenci oleh Allah. Salah satunya yaitu perbuatan berdusta, contohnya berbohong mengenai uang yang dikeluarkan untuk berbelanja. Berbohong seperti ini akan dilarang oleh syariat agama islam sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Hendaklah dirimu selalu benar. Sesungguhnya, kebenaran akan membawa pada kebajikan dan kebajikan akan membawa kepada surga. Selama seseorang berbuat benar dan selalu memilih kebenaran, maka ia tercatat di sisi Allah sebagai orang yang benar atau jujur”. 

Tidak izin suami ketika ingin keluar rumah

Banyak istri yang keluar rumah dengan tujuan tertentu tanpa adanya pemberitahuan dari sang suami. Dijelaskan dalam buku Fiqh Keluarga Terlengkap oleh Rizem Aizid, perbuatan seorang istri yang demikian merupakan dosa, walaupun tujuannya tetap baik. Dalam surat Al Ahzab ayat 33 yang artinya adalah berikut ini:

“Dan hendaklah dirimu tetap di rumahmu dan janganlah dirimu berhias serta bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu serta dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat serta taatilah Allah serta Rasul-Nya”

Demikian penjelasan mengenai dosa istri kepada suami, perlu kita tahu bahwa hal ini harus perhatikan khususnya para istri agar terus hormat dan patuh kepada suami. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kamu kedepannya. 

Jangan lupa juga untuk mengikuti sosial media Felfest UI agar mendapatkan informasi terkini mengenai promo dan juga paket menarik yang ditawarkan. Bersama bantuan Felfest UI, kamu bisa menikmati jasa wedding consultant dan hari pernikahan Anda bisa lebih membahagiakan. 

Baca Juga :