seserahan pernikahan

Catat, Ini Daftar Barang Seserahan Pernikahan yang Wajib Ada

Bagi pasangan yang akan menggelar acara pernikahan, ada banyak hal yang perlu kalian persiapkan, salah satunya yaitu seserahan pernikahan. Seserahan dianggap penting sebagai simbolisasi tanggung jawab, tanda cinta, dan kesanggupan calon pengantin pria untuk mencukupi nafkah dan kebutuhan calon pengantin wanita.

Oleh karena itu, seserahan pengantin biasanya akan diisi oleh berbagai kebutuhan pribadi yang akan digunakan calon pengantin wanita setelah berumah tangga.

Untuk calon pasangan yang masih bingung dengan barang apa saja yang akan dijadikan sebagai seserahan, berikut rekomendasi seserahan pernikahan yang tidak boleh dilewatkan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

1. Perlengkapan Ibadah

seserahan alat solat

Untuk calon pasangan Muslim, perlengkapan ibadah tentu jangan sampai terlupakan. Adapun beberapa perlengkapan seperti Al-Qur’an, mukena, sajadah, dan tasbih wajib masuk ke dalam isi seserahan pernikahan.

2. Perhiasan

seserahan perhiasan

Perhiasan juga menjadi barang yang wajib masuk ke dalam isi seserahan. Perhiasan diberikan kepada calon pengantin wanita agar selalu tampil cantik dan berkilau. Calon pengantin pria dapat membawa set perhiasan yang berisikan kalung, cincin, dan sepasang anting.

3. Skincare dan Make Up

seserahan make up

Skincare dan make up ditujukan agar calon pengantin wanita bisa terus menjaga penampilan agar cantik di depan suami. Produk skincare dan make up bisa disesuaikan dengan keinginan dari calon pengantin wanita.

4. Pakaian Wanita

seserahan pakaian wanita

Ada berbagai macam pakaian wanita yang bisa dibawa menjadi isi seserahan, seperti pakaian tidur, pakaian kasual, hingga pakaian formal. Tidak ada ketentuan khusus untuk memberikan pakaian, calon pengantin pria bisa mendiskusikannya dengan calon pengantin wanita tentang pakaian yang dibutuhkannya.

5. Pakaian Dalam

seserahan pakaian dalam

Selain pakaian wanita yang biasa dipakai sehari-hari, pakaian dalam juga perlu dimasukkan ke dalam daftar seserahan. Ada beberapa pakaian dalam seperti bra, celana dalam, atau lingerie. Pakaian dalam ini nantinya akan digunakan setelah melangsungkan pernikahan.

6. Sepatu dan Tas

seserahan sepatu dan tas

Alas kaki memiliki makna agar calon pengantin dapat menjalani kehidupan bersama dengan langkah yang mulus. Alas kaki bisa diberikan berupa sepatu, sandal, atau heels. Selain alas kaki, tas juga bisa menjadi barang yang masuk ke dalam daftar seserahan.

7. Alat Mandi

seseahan alat mandi

Mandi menjadi aktivitas yang selalu dilakukan setiap hari, sehingga wajib dimasukkan ke dalam daftar seserahan. Memberikan perlengkapan mandi diartikan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari calon pengantin pria ke calon pengantin wanita. 

Biasanya perlengkapan mandi yang diberikan berupa sabun, shampoo, conditioner, sabun cuci muka, sisir, handuk, dan sebagainya.

8. Parfum

seserahan parfum

Parfum juga menjadi kebutuhan wanita yang sangat penting. Pemberian parfum kepada calon pengantin wanita agar wangi sepanjang hari. Setiap wanita memiliki selera wangi-wangian yang berbeda-beda. Maka calon pengantin pria dapat mendiskusikan wangi seperti apa yang diinginkan calon pengantin wanita.

9. Jam Tangan

seserahan jam tangan

Aksesoris yang satu ini juga jangan dilupakan untuk masuk ke dalam daftar seserahan. Jam tangan akan membuat kita menjadi lebih aware terhadap waktu. 

10. Bed Cover

seserahan bed cover

Bed cover bisa menjadi pilihan sebagai seserahan pernikahan. Bed cover yang nyaman dan cantik akan memenuhi ekspektasi kenyamanan saat tidur bersama pasangan. Biasanya bed cover dimasukkan ke dalam bingkisan lalu dihias menjadi bentuk yang unik dalam seserahan.

11. Uang

seserahan uang

Ternyata isi seserahan bisa juga berupa uang. Uang dapat dihias menggunakan kotak atau bingkai foto sehingga lebih menarik untuk diabadikan. Jumlah uang tergantung pada calon pasangan. Namun biasanya jumlah uang berupa tanggal pernikahan mereka.

12. Makanan

seserahan makanan

Tidak hanya berbentuk barang, makanan juga bisa dimasukkan ke dalam daftar seserahan pernikahan. Biasanya makanan yang dibawa seserahan yaitu makanan tradisional, seperti wajik, jenang, kue lapis, dan sebagainya.

Membawa makanan dalam seserahan memiliki arti memberikan doa agar kedua mempelai bisa lengket terus satu sama lain, seperti kue dari ketan yang lengket.

13. Buah-Buahan

seserahan buah

Jika ada makanan, maka tidak lengkap jika tidak memasukkan buah-buahan. Untuk seserahan, calon pasangan bisa memilih buah yang disukai, namun sebaiknya ukurannya tidak terlalu besar karena akan menyulitkan ketika dibawa. 

Buah-buahan yang biasa dibawa dalam seserahan diantaranya apel, jeruk, delima, anggur, pisang, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi barang seserahan yang wajib kamu bawa. Bagi calon pasangan yang akan menggelar acara pernikahan yang sempurna dan penuh dengan kebahagiaan, pakai jasa dari Felfest UI aja. Felfest UI hadir sebagai solusi yang siap membantu calon pengantin mewujudkan pernikahan yang telah diimpikan. 

Jangan biarkan kesibukan dan kerumitan merencanakan acara pernikahan menghalangi hari kebahagiaan kalian. Hubungi Felfest UI sekarang juga dan wujudkan pernikahan impian dengan mudah dan berkesan!

Baca Juga :